Get Even More Visitors To Your Blog, Upgrade To A Business Listing >>

Menginap di Aie Angek Cottage, Padang Panjang

Hawloohh...OMG udeh lama bener ngga update blog..#sapusapudebu #kemocengmana
Maapkeeeun, aduh sebenernya alesannya klise ; Sibuk dan Malas. Yah apalagi deh, padahal banyak cerita jalan-jalan yang perlu di update ..duh kesel deh ama diri sendiri, udah Oktober inih, minggu depan udah November, bah..cepet banget waktu berlalu.

Anyway, mau cerita dikit tentang pengalaman saya menginap di Aie Angek Cottage, di kota Padang Panjang. Jadi ceritanya awal Oktober kemarin sempet jalan-jalan ke kampuang nan jauah di mato, alias ke Sumatera Barat, kampung emak eykeh. Kita ngambil jalur Utara lagi (Padang - Pariaman - Padang Panjang - Maninjau - Bukittinggi), ngga bosen sih walaupun udah berkali-kali ngelewatin rute ini, lah wong sepanjang jalan pemandangan ciamik dan bolak balik berhenti makan enak muluuu...rencananya tahun depan bakal balik lagi dengan rute ke Selatan ; Solok, Singkarak, Danau Atas-Bawah dan apa deh pulau yang baru ngetop itu namanya..dikasi tau si Pupun sih, dia sekeluarga udah beli tiket kesana tahun depan dan akhirnya saya pikir ikutan bareng aje entar.
sama nyokap, mejeng depan hotel
Aduh kebanyakan prolognya. Balik lagi soal hotel Aie Angek Cottage ini, oiya dalam bahasa Indonesia artinya Aie Angek adalah Air Hangat/Panas, yang dinamakan demikian karena berada di Nagari Aie Angek (Nagari = desa). Sebenernya hotel ini ngga berada di tengah kota gitu sih, justru lokasinya ada di jalan lintas Padang Panjang menuju Bukittinggi, dan letaknya di ketinggian gitu jadi udaranya cukup sejuk (baca: adem). Hotel ini jadi inceran saya karena dekorasi hotelnya cukup tematik kalau saya baca-baca dan lihat fotonya keliatan banget interior dan eksteriornya cukup unik.

Ornamen hiasan eksterior hotel
Mulai dari bangunan eksteriornya aja, dinding bangunan utamanya berupa dinding kaca-kaca semacam kayak galeri gitu, terus atapnya pakai atap rumah bagonjong, alias atap khas rumah Minangkabau gitu. Sempet agak mau mundur karena harga kamarnya lumayan mahal untuk ukuran di Sumatera barat, bahkan lebih mahal daripada Kamar kita di Novotel Bukittinggi. Tapi ya udahlah kapan lagi, perjalanan ini juga perjalanan saya ke Sumatera Barat setelah terakhir tahun 2008 ..ya udah lama yak kaga pulang kampuang, sibuk jalan-jalan ke tempat laen.
Rumah Puisi Taufik Ismail
Di sekeliling hotel ada taman-taman bunga, terus ada patung kerbau menarik bendi (sado/andong/dokar) yang cukup keren kalau menurut saya sih. Oiya di area komplek hotel ini juga ada Rumah Puisi Taufik Ismail, dimana isinya berupa sekumpulan buku-buku sastra, kayaknya sih ada yang dijual juga, juga banyak informasi mengenai literatur, terus kayaknya sering dibuat tempat lomba untuk anak sekolahan terkait puisi/menulis deh karena ada semacam pengumuman tentang itu.. Saya sempet masuk ke Rumah Puisi Taufik Ismail ini dan lihat-lihat sebentar sih, tapi ngga ada yang jaga jadi ngga bisa nanya-nanya lebih lanjut. Jambukanya dari pagi jam 9, masuk gratis kok, oiya harus copot sepatu ya jangan lupa.
bagian dalam Rumah Puisi ITaufik Ismail
Kayaknya sering buat acara sekolahan disini
Berikut video tour masuk ke dalamnya, maap endingnya ngga enak karena keabisan batre, hahaha..

Btw entah apalah hubungannya dengan Fadli Zon (konon Aie Angek Cottage ini memang milik keluarganya Fadli Zon), karena di hotel ini juga ada Rumah Budaya Fadli Zon, yangmana bagian dari area di bangunan utamanya, di dalamnya banyak lukisan dan wayang tokoh-tokoh dunia, sampe ada pula wayang Obama (errr...), konsepnya agak semi galeri seni dan museum barang antik bersejarah gitu sih ya.
Rumah Budaya Fadli Zon
Berbagai lukisan potret tokoh dunia
Cukup banyak koleksi barang antik di hotel ini, mulai dari keris, patung, keramik, guci, wayang, lukisan, kain songket sampai sunting (hiasan kepala pengantin wanita Minangkabau). jadi agak mirip museum gitu lah ni hotel area bangunan utamanya. Kalau siang hari sih bagus ya, tapi kalau malam hari kayaknya serem deh. Kebetulan kita sampai dan check in kamar itu udah jam 9 malam, lampunya remang-remang gitu jadi emang bener agak creepy bok.
tebak..ini wayang mukanya siapa aja hayo??
serem gak wayang minang yg dikanan atas itu?
kalo kiri bawah itu foto bareng POTUS sebelum hasil pilpres US baru keluar :p

Kita pesen 2 kamar, 1 kamar yang Deluxe Mountain View dan 1 kamar lagi yang Deluxe menghadap kolam renang, Yang Deluxe Mountain View itu sekitar Rp 1 juta per malam dan yang satunya beda sekitar Rp 150 ribu lebih murah, udah termasuk sarapan. Udah gitu uniknya sarapannya ditanyain dari awal check in, diminta milih; roti/nasgor/mie goreng, terus pakai buah dan kopi/teh, terus nanti akan diantar ke kamar sesuai jam yang kita minta, saya minta jam 7.30 pagi diantarnya, ambisius sih emang, tapi emang niat mau bangun pagi karena katanya pemandangannya di pagi hari kece berat.
Bangunan kamar hotel kita
...dan ternyata..emang keren banget ini kamar yang menghadap ke gunung. Jadi ya ini hotel berada diantara 3 gunung di Sumatera Barat ; Gunung Singgalang, Gunung Tandikat dan Gunung Merapi (bukan Merapi yang di Jawa ya), jadi ternyata pemandangannya...awesome bangetttt...kinda reminded me of New Zealand deh serius...kece beratsss..

Pagi-pagi buka pintu kamar, Masya Allah...udah langsung keliatan pemandangan cantik pegunungannya diselimutin awan, dan udaranya juga dingin ...walaupun tanpa jaket sih saya masih sanggup ternyata. Langsung ambil henpon buat poto-poto, sementara room mate saya si Myrna masih molor...hahahaha..dasar aging!.
Sarapan disuguhi pemandangan keren
Sarapan di taman

these photos didn't do the justice on how beautiful it was actually :)

Belum mandi udah foto-foto pake piyama pula
Terus sesuai pesanan, sarapan kita diantar ke kamar, tapi terus akhirnya kita makan di depan kamar, karena di depan kamar itu ada semacam kayak taman dengan bangku dan meja kayu untuk makan bareng, seru dan keren banget kayak piknik diantara pegunungan...LOVE IT!. Ya udeh, gapapa deeh bayar sejutak buat semalem di kamar inih!! hahaha.

Oiya, kamarnya sendiri sih kecil yak kalau dilihat harga sejutanya, huhuhu...dibandingin sama kamar kita di Novotel Bukittinggi juga masih gedean dan kerenan kamar di Novotel, terutama kamar mandinya disini saya kurang suka karena lampunya gelap terus keramik lantainya juga gelap, saya tuh ngga suka banget kamar mandi yang pake keramik/nuansanya gelap,suka parno ada cacing atau apalah serangga-serangga gitu.
Interior dalam kamar kita, Deluxe Mountain view di Aie Angek Cottage
Air hangat pancurannya sih jalan tapi kurang powerful sentorannya, padahal penting banget deh buat saya, maklum nini-nini, butuh sentoran pancuran buat mijet punggung lagi mandi. Toiletries yang dikasih juga standar. Oiya tadinya kita bingung kok di kamar dikasih kipas angin kecil, bakal apaan, emangnya ngga ada AC?!...dan ternyata EMANG GA ADA AC KAMARNYAAH!!!... wakkwaaww...buahahaha...sinting, baru kali ini kamar sejutak kaga ada AC-nyaaa..edaaan!, bwahaha, terus coba pasang kipas anginnya dong, eh aneh banget tu kipas bisa jalan sendiri karena getarannya kenceng banget, jadi malah serem sendiri, mana berisik. Akhirnya tidur ngga pake kipas angin juga, eh ternyata pas udah malam ternyata dingin bok, yaelah pantesan kaga dikasi AC deh nih kamar. Tapi kan tetep aja ya, mosok harga sejutak kaga ada AC nya, berasa rugi kitah. Dasar ngadap, masih aja itungan..wekekek...

Sarapannya lumayan enak lah, cuma cepet dingin karena kan makannya di luar kena udara dingin ya. Terus abis sarapan sempet leyeh-leyeh, keliling foto-foto areal hotelnya, emang unik banget, banyak potongan-potongan puisinya Taufik Ismail di sekitaran hotel ini, sampe di dalam kamar mandi aja ada bingkai puisinya lho.
Lantai 2 Rumah Budaya Fadli Zon
Koleksi barang seni di Aie Angek
Fasilitas Aie Angek Cottage ini lumayan lengkap, ada kolam renang, WiFi gratis juga ada, sayangnya di kamar kita sinyal WiFi-nya kurang kuat, tapi di kamar nyokap yang depan kolam renang sih kenceng. Oiya ada kolam renang tapi ngga nyobain berenang sih males juga, kayaknya airnya dingin, abis emang suhunya sejuk gitu udara sekitarnya juga. Oiya ada ruang sauna juga dan bentuknya kayak rumah hobbit, lucu deh. Tapi kayaknya ada biaya tambahan deh, soalnya ada flyernya gitu nyebutin paket sauna dan jacuzzi, lupa berapa sih.
Kamar-kamar yang menghadap kolam renang
Ada kolam jacuzzi juga tapi waktu kita liat sih lagi ditutup terpal gitu. Oiya sekitaran taman depan kamar kita penuh dengan mainan anak-anak sebangsa perosotan, ayunan, dkk gitu, tapi keberadaannya menurut saya agak ganggu kalau mau foto-foto ke arah pegunungan dari arah kamar, apa karena kamar kita aja sih ya yang posisinya kurang oke.

Nyokap seneng banget nginep disini, sampe ngobrol banyak sama uni resepsionisnya, terus sibuk motretin bunga-bunga cantik di tamannya, selfie-selfie pake tongsis barunya (errr...ya gitu deh emak gueh).
Cantik emang hotel ini, mau sih nginep lagi disini, cuma ya kayaknya ngga yang sejuta semalam deh tarifnya, kudu nyari promo hemat deh kalau mau nginep disini lagi.
Mom dan tongsis barunya
Saya sempet bikin video tour de hotelnya nih tapi ya gitu deh seadanya ya, hehehe

More photos trip pulang kampuang ini ada di IG @Travelingcow dan FB saya (maap males bikin Fans Page jadi pake FB pribadi aja).

Yang minat untuk nginep perjalanan dari Padang mau ke Bukittinggi sih rekomen banget buat nyobain paling ga semalam aja disini, pemandangan pegunungannya itu loh, bagus banget. Cek harga hemat kamar di Aie Angek Cottage disini ya.

Generate

Aie Angek Cottage
Jl Raya Padang Panjang - Bukit Tinggi Km 6,
Nagari Aie Angek, Sepuluh Koto,
Tanah Datar Regency, West Sumatra, Indonesia
Website : www.aieangekcottage.com
(021) 94738847

This post first appeared on The Traveling Cow, please read the originial post: here

Share the post

Menginap di Aie Angek Cottage, Padang Panjang

×

Subscribe to The Traveling Cow

Get updates delivered right to your inbox!

Thank you for your subscription