Get Even More Visitors To Your Blog, Upgrade To A Business Listing >>

Baturraden, Wisata Di Lereng Gunung Slamet

Batu Raden atau Baturaden adalah sebuah kecamatan yang terletak di lereng selatan Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Daerah ini memiliki ketinggian sekitar 640 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar 14 km dari utara kota Purwokerto. Batu Raden dikenal sebagai kawasan wisata yang menawarkan pesona alam yang indah dan sejuk. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Batu Raden, mulai dari air terjun, pemandian air panas, telaga, kebun raya, hingga hutan pinus. Berikut adalah beberapa lokasi wisata menarik di Batu Raden yang wajib dikunjungi.

1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu adalah pemandian air panas yang mengandung belerang. Pemandian air panas ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pancuran Pitu memiliki tujuh mata air, sedangkan Pancuran Telu memiliki tiga mata air. Kedua pemandian ini terletak di pusat wisata Batu Raden dan mudah dijangkau.

2. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi adalah sebuah telaga yang terletak di pusat wisata Batu Raden. Telaga ini memiliki air yang jernih dan tenang, serta dikelilingi oleh pepohonan hijau. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang asri dan damai, serta berfoto dengan latar belakang telaga.

3. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden adalah tempat wisata yang cocok untuk piknik bersama keluarga. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis tanaman yang ditata rapi dan indah, seperti bunga, anggrek, kaktus, dan lain-lain. Selain itu, ada juga beberapa wahana yang seru, seperti flying fox, rumah pohon, labirin bambu, dan taman bermain anak.

4. Hutan Pinus

Hutan Pinus adalah salah satu destinasi wisata yang instagramable di Batu Raden. Di sini, pengunjung bisa menikmati udara sejuk dan segar, serta berfoto dengan latar belakang pepohonan pinus yang tinggi dan rapat. Ada beberapa lokasi hutan pinus yang bisa dikunjungi di Batu Raden, seperti Hutan Pinus Baturaden Adventure Forest (BAF), Hutan Pinus Dusun Semilir (Dusem), dan Hutan Pinus Curug Gede

5. Teater Alam Baturaden

Teater Alam Baturaden adalah tempat wisata yang menampilkan pertunjukan seni budaya khas Banyumas. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam tarian tradisional, wayang kulit, musik bambu, dan lain-lain. Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti museum etnografi, taman bunga, kolam renang, dan restoran¹

Ada beberapa cara untuk menuju Batu Raden dari Purwokerto, antara lain:

1. Menggunakan kendaraan pribadi

Cara ini paling mudah dan cepat, karena bisa langsung menuju ke lokasi wisata tanpa harus berganti kendaraan. Jarak antara Purwokerto dan Batu Raden sekitar 14 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Rute yang bisa diambil adalah:

- Dari Purwokerto, ambil Jalan Jenderal Sudirman ke arah selatan

- Setelah melewati Terminal Bus Purwokerto, belok kanan ke Jalan Ahmad Yani

- Ikuti Jalan Ahmad Yani hingga menemukan pertigaan, lalu belok kiri ke Jalan Raya Baturaden

- Ikuti Jalan Raya Baturaden hingga sampai di pusat wisata Batu Raden²

2. Menggunakan bus

Cara ini lebih murah dan ramah lingkungan, tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama dan harus berganti kendaraan. Ada beberapa pilihan bus yang bisa digunakan, antara lain:

- Dari Purwokerto, naik bus jurusan Purbalingga dan turun di Terminal Baturaden. Dari sana, naik angkot atau ojek ke lokasi wisata yang diinginkan.

- Dari Purwokerto, naik bus jurusan Bobotsari dan turun di Serayu. Dari sana, naik ojek atau menyewa mobil ke lokasi wisata yang diinginkan⁵

- Dari Purwokerto, naik bus jurusan Wonosobo dan turun di Banyumas. Dari sana, naik angkot atau ojek ke lokasi wisata yang diinginkan⁶

3. Menggunakan kereta api

Cara ini jarang digunakan, karena tidak ada stasiun kereta api yang dekat dengan Batu Raden. Namun, bagi yang ingin mencoba sensasi berbeda, bisa menggunakan kereta api sebagai alternatif. Caranya adalah:

- Dari Purwokerto, naik kereta api jurusan Kroya dan turun di Stasiun Kebasen

- Dari Stasiun Kebasen, naik angkot atau ojek ke lokasi wisata yang diinginkan⁶

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menikmati wisata Batu Raden!

This post first appeared on LDII Sampit - Kalimantan Tengah, please read the originial post: here

Share the post

Baturraden, Wisata Di Lereng Gunung Slamet

×

Subscribe to Ldii Sampit - Kalimantan Tengah

Get updates delivered right to your inbox!

Thank you for your subscription