Get Even More Visitors To Your Blog, Upgrade To A Business Listing >>

Cerita Liburan di Jogja, Penuh Kenangan yang Tak Mungkin Aku Lupakan

Tags: buat jadi jogja

Halo Sobatku semua!

Mau cerita lagi nih, kali ini mau review tentang wisata yang mungkin tak akan pernah aku lupakan saat berlibur di Jogja.

Yogyakarta, nih, itu kayak destinasi wisata paling kece di Indonesia. Bukan cuman buat wong ndeso aja, tapi turis mancanegara juga pada doyan datang ke sini.

Kalo kita tanya kenapa, jawabannya simpel. Yogyakarta punya segudang kebudayaan yang asyik, makanan enak yang bikin perut senang, dan pemandangan alam yang bikin mata melotot.

Pokoknya, Yogyakarta tuh tempat keren banget. Kita bisa jalan-jalan ke kraton, coba nyicipin gudeg yang legendaris, atau nikmatin sunrise di Pantai Parangtritis.

Gak cuma itu, kita juga bisa nongkrong asik di Malioboro atau naik kereta api yang unik, lho.

Dan kalo ngomongin soal orangnya, orang Yogyakarta tuh friendly banget, selalu siap sambut turis dengan senyum manis.

Makanya gak heran kalo Yogyakarta Jadi tujuan favorit buat yang mau liburan seru sambil dapat pengalaman budaya yang keren.

Gitu deh, Yogyakarta memang kota yang punya segalanya. Kalo belum pernah kesini, buruan atur jadwal buat jalan-jalan ke kota ini. Pasti gak bakal nyesel!

Alasan Kenapa Pilih Jogja Sebagai Tempat Liburan

pic by: instagram@khairul_damanik

Eh, aku pengen cerita nih tentang perjalanan akhir tahun 2021 kemarin. Jadi, saat itu aku lagi mondok di pesantren Sintesa Darussalam yang berlokasi di Magetan, Jawa Timur.

Nah, menjelang tahun baru, pesantren pada ngasih libur buat santrinya selama 10 hari.

Awalnya sih, aku gak ada rencana spesifik selama libur ini, mungkin cuma pengen stay di pesantren aja.

Jadi, yang pulang ke rumah mostly teman-teman aku yang rumahnya deket-deket.

Tapi, kalo dipikir-pikir sayang banget rasanya kalo aku pulang ke Medan (kampung halaman). Hitung-hitungan buat tiket pesawat aja bisa bikin kantong bolong 2 jutaan buat pulang pergi.

Belum lagi biaya-biaya lainnya, nambah lagi, kan? Makanya, aku mikir, “Ah, mendingan cari alternatif lain aja deh.”

Akhirnya, aku putuskan buat liburan di Jogja aja selama 3 hari. Lagipula kan udah lama banget pengen keliling kota Jogja.

Jadi mikirnya, “Ini kesempatan bagus buat aku jalan-jalan dan bisa explore tempat-tempat keren di sana.”

Jadi, gitu deh, kadang kita gak perlu jauh-jauh untuk nikmatin liburan yang seru. Tinggal cari alternatif yang cocok buat budget dan pengen aku lakuin.

Jadi, kalo Sobat lagi bingung mau ngapain di waktu liburan, mungkin bisa nih coba kayak yang aku lakuin, cari tempat seru yang deket dan nikmatin aja momennya!

Naik Motor dari Magetan ke Jogja

pic by: instagram@khairul_damanik

Perjalanan ini dimulai bareng teman santri asli Magetan (pribumi) ke Jogja. Ide jalan-jalan ini aku yang ajakin, dan akhirnya kita putuskan buat naik motor CBR 150R milik teman.

Ceritanya, kita mulai perjalanan pas jam 08.00 Wib, dan rutenya lewat Karanganyar, Solo, Klaten, sampe akhirnya Jogja.

Nih, jujur ya, ini pertama kalinya aku dibonceng naik motor CBR 150R buat perjalanan jauh. Pokoknya, rasanya menderita banget.

Soalnya jok belakangnya lebih tinggi dari jok depannya, jadi saat dibonceng agak ketinggian gitu. Akibatnya, badan pegel-pegel abis.

Tapi ya sudahlah, demi petualangan seru, kita lanjutin aja.

Jadi, meskipun perjalanan awalnya bikin badan pegel, aku gak nyesel sama sekali. Karena dapat pengalaman baru, dan akhirnya bisa ngeliat keindahan Jogja.

Makanya, pesan moral dari cerita ini adalah, kadang-kadang kita harus berani keluar dari zona nyaman buat dapat pengalaman yang berkesan.

Gak penting gimana caranya, yang penting buka diri buat petualangan dan ngumpulin cerita-cerita keren.

Aku bisa bilang, perjalanan itu adalah bagian seru dari cerita hidup kita, Sobat!

Nginap Gratis di Mesjid Jogokariyan, Alternatif Akomodasi Unik di Jogja

pic by: instagram@khairul_damanik

Jogja itu emang selalu rame sama pengunjung, tapi kadang buat traveler yang punya duit terbatas seperti aku, nyari tempat menginap yang enak dan ga bikin kantong bolong bisa jadi perjuangan.

Tapi, ada nih tempat unik di Masjid Jogokariyan, tempat yang menyediakan akomodasi gratis yang oke banget.

Ini buat para backpacker yang mau mendapatkan pengalaman seru pas liburan di Jogja.

Jadi, Masjid Jogokariyan ini ada di daerah Jogokariyan, yang terkenal banget sama orang-orangnya yang ramah dan pemandangan alam yang bikin mata melek.

Nah, masjid ini punya konsep ngasih tempat menginap gratis buat para pengunjung yang butuh tempat bermalam selama di Jogja.

Uniknya, ini konsep pertama kali ada di Indonesia.

Aku sama teman pas kesana udah nyoba, tapi sayangnya kamar udah pada penuh. Jadi kita dikasih tempat buat bermalam di lantai dua masjid dan cuma boleh semalam aja.

Awalnya kita niatnya mau dua malam, tapi ternyata gak boleh. Tapi gapapa, yang penting ada tempat buat istirahat.

Pas malem setelah sholat isya, kita jalan-jalan ke Malioboro buat ngisi waktu. Seru banget, kan?

Jadi, kalo sobat lagi nyari pengalaman yang beda pas liburan ke Jogja, coba deh ngecek tempat keren kayak Masjid Jogokariyan.

Gak cuman hemat duit, tapi juga bikin liburanmu makin berkesan!

Kurang Lengkap Rasanya di Jogja Kalo Belum Ke Malioboro

pic by: instagram@khairul_damanik

Malioboro itu jalan yang terkenal banget di Jogja.

Lokasinya ada di Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kalo kamu lagi liburan dan bingung mau ngapain, mampir ke Malioboro adalah pilihan terbaik.

Apalagi kalo datangnya pas malam hari, suasana Malioboro terasa beda banget. Banyak orang yang lagi jalan-jalan, entah sama teman atau pasangan.

Selain itu, kami juga sibuk foto-foto untuk mengabadikan momen seru di Malioboro.

Kalo kamu kesana, pasti nggak bakal lengkap kalo ngga ber-foto ria.

Ada banyak spot keren buat berfoto, seperti tiang nama jalan, gedung yang penuh lampu-lampu cantik, pokoknya asyiiik.

Kalo kita malas jalan kaki, ada tukang becak yang siap anterin keliling Malioboro.

pic by: instagram@khairul_damanik

Buat yang butuh istirahat, ada bangku-bangku buat duduk sambil nikmatin musik dari musisi jalanan.

Dan yang pasti, di sepanjang Malioboro juga penuh dengan toko-toko yang jualan pakaian, barang-barang antik, suvenir, dan makanan enak sebagai oleh-oleh.

Saking menikmati susasanya kami sampai lupa waktu ternyata jam menunjukkan tengah malam akhirnya kami kembali ke mesjid Jogokariyan untuk beristirahat.

Jadi, kalo kamu liburan ke Jogja, Malioboro wajib banget buat dicentang dari daftar destinasimu!

Perjalanan ke Pantai Ngobaran “Bali nya Jogja”

pic by: instagram@khairul_damanik

Pantai Ngobaran itu bener-bener spesial buat aku. Ada vibes alaminya yang keren, plus sentuhan mistis dari legenda Ratu Pantai Selatan, Nyai Ratu Roro Kidul.

Oke, kita lupakan dulu yang mistis-mistisnya, aku mau cerita bagaimana seru dan cantiknya Pantai Ngobaran yang pernah aku kunjungi beberapa tahun lalu bareng teman.

Jadi, kita nekat naik sepeda motor buat jalan-jalan ke sana. Sekitar 2 jam-an lebih kurang dari Jogja kota, eh tiba-tiba kita udah nyampe di pantai. Perjalanan kesana kita menggunakan Google Maps sebagai navigasi.

Pokoknya, prinsipnya simpel: kalo motor berhenti, kita berhenti juga. Dan akhirnya welcome to Pantai Ngobaran!

Pantai ini emang cetar banget, terutama kalo kita ngga begitu peduli sama cerita Ratu Pantai Selatan. Ada juga pura Hindu yang jadi spot persembahyangan, bikin pantai ini beda dari yang lain di selatan Jogja.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Ngobaran, ini dia 4 hal seru yang bisa dilakukan:

1. Bisa Berfoto di Depan Pura dan Arca

pic by: instagram@khairul_damanik

Pantainya gak cuma cantik, tapi juga punya pura dan arca yang bikin tempat ini beda.

Pura ini namanya Segara Wukir, dan yang unik, pura ini masih dipakai untuk ibadah sama umat Hindu.

Tapi gak usah khawatir, buat turis yang mau foto-foto di sini tetap boleh. Foto-foto di depan pura dan arca hasilnya pasti keren abis. Kita bakal merasa kayak lagi liburan di Bali, pokoknya.

Tapi ya, jangan terlalu berlebihan ya pas berfoto di tempat ibadah. Tetap jaga sopan santun.

2. Swafoto di spot foto

pic by: instagram@khairul_damanik

Selain pura dan arca, ada juga spot-spot foto yang ngga kalah menarik.

Jadi, kalo lagi liburan di sini bisa dapat banyak pilihan tempat buat foto-foto yang bikin feed sosmed semakin hits.

Tapi, ya, ada satu catatan: buat foto di spot-spot ini, harus bayar dulu. Tapi ngga apa-apa sih, karena duit yang kita bayar ini juga untuk menjaga dan merawat spot-spot foto ini biar tetep oke.

3. Berburu foto keren

pic by: instagram@khairul_damanik

Salah satu spot foto keren ada di atas bukit di sebelah barat Pantai Ngobaran.

Dari situ, kita bisa dapat panorama Pantai Ngobaran yang sangat indah, ditambah lagi Pura Segara Wukir-nya juga jadi bagian dari foto.

4. Bermain air di pantai

pic by: instagram@khairul_damanik

Jadi, selain foto-foto keren tadi, kita juga bisa banget menikmati ombak dan main di pantai ini. Tak ada yang mustahil untuk dilakukan di sini.

Jadi, kalau kita suka eksplorasi alam sambil berfoto, atau sekadar pengen main air, Pantai Ngobaran punya semuanya.

Mengunjungi Salah Satu Keajaiban Dunia Yaitu Candi Borobudur

pic by: instagram@khairul_damanik

Banyak orang berpikir bahwa Candi Borobudur itu adalah salah satu destinasi wisata di Jogja.

Tapi, sebenernya, secara geografis, Candi Borobudur itu ada sekitar 40 km ke arah barat laut dari Jogja itu sendiri.

Jadi, kalo ada yang nanya, “Eh, Candi Borobudur di mana ya?” Kita bisa jawab dengan tenang, “Yaa, lokasinya di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, bro!”

1. Masuk ke Candi Borobudur

pic by: instagram@khairul_damanik

Saat nyampe di tempat parkir dekat Candi Borobudur kami turun dari kendaraan. Nah, di saat pertama kali nyampe situ, ngga tau harus ngapain. Apalagi waktu itu lagi pandemi, jadi ada aturan ketat buat masuk ke candi.

Kita bakal dicek persyaratannya yaitu tunjukin hasil rapid antigen aku yang udah terekam di aplikasi PeduliLindungi.

Setelah itu, jika lolos pemeriksaan, petugas akan memberitahu kita untuk masuk lewat pintu mana.

Pas aku sampai di area selanjutnya, kita harus antri lagi buat beli tiket masuk. Karena waktu itu lagi rame banget pengunjungnya, kami harus nunggu agak lama untuk giliran beli tiket.

Akhirnya giliran kami, maka langsung ke loket penjualan tiket. Kalo gak salah, harga tiketnya sekitar Rp 50.000/orang.

Namun ini belum selesai, Sobat. Karena untuk bisa sampai ke Candi Borobudur, kita harus siap-siap fisik, soalnya jaraknya agak jauh dan tempatnya di atas bukit.

Jadi, selama perjalanan, kami banyak berpapasan sama dengan orang-orang dari daerah lain yang juga sedang liburan di sana. Saat itu orangnya ramai banget!

2. Berswafoto di Pelataran Candi

pic by: instagram@khairul_damanik

Ketika sudah sampai di Candi Borobudur, langsung buru-buru minta teman untuk fotoin aku di beberapa bagian candi.

Karena aku pengen banget mengabadikan momen bersejarah itu, terutama di stupa-stupa di puncak candi.

Tapi sayangnya, kami gagal untuk melakukan swafoto di puncak candi. Alasannya, pihak pengelola tidak mengizinkan pengunjung buat naik ke atas candi. Jadi hanya bisa melihat dari bawah aja.

Mungkin sampai disini dulu pengalaman yang bisa aku ceritakan, sebenarnya masih panjang lagi ceritanya. Udah capek juga ngetik nya, jadi udah dulu yaa!

Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca tulisan ini, semoga bermanfaat.

The post Cerita Liburan di Jogja, Penuh Kenangan yang Tak Mungkin Aku Lupakan appeared first on Genemil.com.

This post first appeared on Apa Itu Ekosistem Padang Rumput?, please read the originial post: here

Share the post

Cerita Liburan di Jogja, Penuh Kenangan yang Tak Mungkin Aku Lupakan

×

Subscribe to Apa Itu Ekosistem Padang Rumput?

Get updates delivered right to your inbox!

Thank you for your subscription