Get Even More Visitors To Your Blog, Upgrade To A Business Listing >>

10 Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Tags: kamu jurusan ilmu
10 Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Hay teman-teman catatan baru. Pada artikel ini kita akan berbagi beberapa Jurusan kuliah yang bisa Kamu pertimbangkan dan bisa kamu pilih untuk study kedepanya. Terutama bagi kalian nih yang sudah mulai mencari-cari jurusan kuliah setelah lulus SMA ini. Tapi kalian bingung takut kalah bersaing untuk mendapat kuliah di jurusan favorit kalian. 

Tenang deh pada artikel ini kita mau info jurusan kuliah yang prospek lulusannya dan tentunya sangat menjanjikan sekali untuk masa depan kamu. Oke langsung aja berikut ini 10 jurusan yang bisa kamu pilih untuk kedepanya.

10 Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Jurusan Peternakan

Jurusan Peternakan

Jurusan peternakan merupakan jurusan yang mempelajari ilmu hewan-hewan ternak yang bisa diolah dalam skala industri. Mulai dari bagaimana tata cara memproduksi ternak yang baik, perkembangan hewan ternak dan pengelolaannya, penanganan penyakit pada hewan ternak, mengatur kecukupan nutrisi pada makanan ternak, mengolah hasil produksi agar efisien,dan masih banyak lagi. 

Disisi lain kamu juga akan dibekali cara mengembangkan penelitian menggunakan bioteknologi. Jurusan peternakan ini banyak membahas seluk beluk hewan ternak, mulai dari sapi, kambing, domba kuda, dan ternak unggas. 

Ketika kamu memilih jurusan ini, kamu bisa memilih fokus di salah satu bidang antara lain nutrisi ,pemuliaan dan reproduksi, produksi dan teknologi hasil ternak atau sosial ekonomi peternakan. 

Ketika kamu lulus sebagai lulusan jurusan peternakan. Kamu bisa banget nih membuka lapangan kerja dan ataupun bekerja dengan orang lain. Kamu bisa mengaplikasikan ilmu di bangku perkuliahan dengan membuka usaha peternakan yang kamu minati. 

Selain itu, prospek kerja lulusan peternakan ini juga cukup bervariasi loh. Salah satunya di industri makanan. Kamu juga bisa mengembangkan diri di sektor pendidikan, soal gaji saja besarnya tergantung pada kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. 

Untuk kamu yang tertarik untuk memilih jurusan ini, berikut adalah beberapa daftar universitas yang membuka jurusan peternakan antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro dan masih banyak lainnya.

Jurusan Ilmu Administrasi

Jurusan Ilmu Administrasi

Jurusan ini fokus pada aspek perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian suatu instansi publik maupun swasta. Untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan, kamu akan banyak melakukan kajian terhadap berbagai kebijakan di sektor bisnis publik. 

Jurusan ilmu administrasi sendiri ini dibagi tiga jurusan lagi ya antara lain, ilmu administrasi, niaga atau bisnis, ilmu administrasi negara atau publik, ilmu administrasi fiskal. Untuk ilmu administrasi niaga atau bisnis kamu akan mempelajari proses pengelolaan entitas bisnis ataupun organisasi nirlaba agar tetap stabil dan semakin berkembang. 

Sedangkan untuk ilmu administrasi negara kamu akan mempelajari kehidupan bernegara yaitu eksekutif, legeslatif dan yudikatif. Kemudian untuk administrasi fiskal atau pajak, kamu akan mempelajari penatausahaan dan pelayanan terhadap kewajiban dan hak wajib pajak orang pribadi maupun badan. 

Peluang karir yang menanti lulusan ilmu administrasi bisa dibilang sangat banyak dan beragam. Setiap bidang pekerjaan untuk lulusan ilmu administrasi menawarkan jenjang karir yang cukup variasi. 

Jurusan ilmu administrasi yang didapat dari masa perkuliahan dapat menjadi modal kamu untuk bersaing di dunia kerja. Jadi tinggal pilih mau kerja di instansi pemerintahan, perusahaan, organisasi nirlaba atau terjun ke dunia politik. 

Beberapa jurusan admisnistrasi yang bisa kamu pilih. Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret dan juga Universitas Sumatera Utara dan Universitas lainya.

Sistem Informasi

Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan study yang menggabungkan antara ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Ketika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan belajar tentang bagaimana cara mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahaan. Selain itu kamu juga akan diajari cara merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Sistem Informasi ini masih satu ruang dengan ilmu komputer. Karena kamu bakalan banyak membahas bagaimana cara menghubungkan bisnis dengan teknologi. Ditambah lagi kamu akan belajar membuat sistem yang mengolah data yang besar, banyak, dalam waktu yang relatif singkat kemudian menampilkannya menjadi informasi yang bermanfaat untuk perusahaan informasi. 

Dalam hal ini pekerjaan sistem informasi sangatlah penting bagi perusahaan. Karena sebagai dasar mengatur keputusan. Jadi gak kebayang dong gimana pentingnya dan dibutuhkanya peranan sistem informasi. 

Didalam mata kuliah yang bisa kamu temui di jurusan sistem informasi antara lain adalah jaringan komunikasi, data sistem informasi, manajemen proyek, data manajemen, sistem informasi analisis dan perancangan sistem informasi, serta masih banyak lainnya. 

Lulusan sistem informasi sendiri memiliki peluang karir yang sangat besar. Untuk jenis dan jenjang karirnya ditawarkan sangat bervariasi, tergantung ilmu keterampilan yang kamu dapatkan di bangku kuliah. 

Memilih jurusan sistem informasi menjadi modal yang sangat berharga di pasar tenaga kerja. Terbukti lulusan sistem informasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengembangkan sistem yang mencipta. 

Secara umum rata-rata gaji awal sistem informasi yang baru memulai karirnya kisaran Rp5.000.000 dengan pekerjaan sebagai staf bidang teknologi informasi di suatu perusahaan. Tentunya besaran ini sangat tergantung pada kemampuan dan pengalaman yang dimiliki serta area tempat kamu bekerja. 

Jika kamu tertarik mengambil jurusan ini, ada beberapa Universitas yang bisa kamu pilih. Seperti Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Bina Nusantara, Universitas Gunadarma Depok dan masih banyak lainnya.

Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris

Jurusan sastra Inggris adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa inggris dari sisi linguistik dasar secara mendalam. Jadi jangan heran kalau kamu akan melakukan banyak kajian terhadap berbagai karya seperti puisi, prosa, novel, drama maupun film yang menggunakan bahasa Inggris. 

Selain itu kamu akan banyak membahas kebudayaan yang menggunakan bahasa Inggris. Selama 4 tahun atau 8 semester jurusan ini, kamu tidak hanya belajar berkomunikasi secara lisan dan tertulis lho. Karena kamu juga akan belajar terkait politik dan bisnis internasional di negara lain. 

Selain itu untuk peluang kedepanya sendiri cukup banyak jenis dan jenjang karirnya juga sangat bervariasi. Berbekal ilmu yang kamu peroleh di bangku kuliah, umumnya gaji yang kamu dapatkan berada di kisaran pada saat 4 juta perbulan. 

Besaran ini tentunya bergantung pada bidang pekerjaan serta dengan memperhatikan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki. Selain kamu dapat bekerja di perusahaan, kamu juga bisa menjadi pekerja mandiri loh. 

Kamu bisa mendirikan lembaga bahasa Inggris yang melayani kursus maupun jasa transaksi. Bisa juga membuka lembaga perjalanan. Untuk kamu yang tertarik mengambil jurusan sastra Inggris beberapa kampus ini bisa kamu pilih. Seperti UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Medan, Universitas Airlangga Surabaya dan masih banyak lainnya.

Desain Komunikasi dan Media

Desain Komunikasi dan Media

Di Era perkembangan teknologi yang kian pesat media sosial semakin populer di masyarakat. Bagaimana tidak, karena bahkan hampir semua masyarakat dari berbagai umur serta latar belakang sudah memiliki media sosial. 

Dengan adanya perkembangan ini tentunya berimbas pada banyaknya industri yang menggunakan media sosial untuk meraih tujuan perusahaan. Karena hal ini tentunya sangat penting, karena untuk menyampaikan ke masyarakat secara maksimal.

Dan untuk melakukan itu semua tentunya diperlukan tenaga ahli yang mampu mengkoordinasikan antara pemasaran dan pengolahan informasi dengan baik. Beberapa pilihan program studi seperti jurusan kuliah desain komunikasi visual, seni jurnalistik, film dan bidang lain terkait industri kreatif akan berpeluang besar dalam mencari pekerjaan. 

Karena dengan tumbuhnya era digital pastinya kebutuhan tenaga profesional dalam bidang kreatif akan semakin meningkat. Kebutuhan ini akan berasal dari bidang periklanan pemasaran dan hiburan. 

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Jurusan teknologi hasil pertanian dari penggunaan pemeliharaan dan pengembangan alat dan mesin untuk budidaya pertanian. Bidang ini bertumpu pada bidang ilmu teknik untuk memecahkan berbagai masalah di bidang pertanian. 

Secara umum ruang lingkup teknologi hasil pertanian meliputi kegiatan penanganan pengamanan dan pengelolaan hasil pertanian. Jika kalian pernah melihat buah semangka yang bentuknya kotak atau buah yang dimodifikasi seperti kuda itu semua hasil karya jurusan teknologi hasil pertanian. 

Jika kamu memilih jurusan ini, dibangku perkuliahan nanti kau akan mempelajari tentang pengantar teknologi pertanian, dasar-dasar manajemen, fisika dasar, kimia dasar, pengetahuan bahan pangan teknologi, pengawetan bahan pangan riset operasional dan masih banyak lagi. 

Jurusan ini juga bukan bertujuan untuk mencetak lulusan menjadi seorang petani. Sebagai lulusan yang memiliki gelar sarjana teknologi pertanian, kamu bisa berpeluang untuk bekerja di dinas pertanian dan perkebunan, Dinas Kehutanan, Badan Pertanahan Nasional atau Balai Benih. 

Selain itu kamu juga bisa memiliki pekerjaan di sektor lain yang masuk berhubungan dengan pengelolaan hasil pertanian. Misalnya pabrik pengolahan makanan. Universitas yang membuka jurusan pertanian terbaik di Indonesia antara lain, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lainnya.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan ini mempelajari mengenai perpustakaan. Bagaimana mengelola suatu arsip dari awal sampai akhir dan mempelajari berbagai macam teknologi yang mendukung arsip dari perpustakaan tersebut. Peluang pekerjaan di jurusan ilmu perpustakaan ini terbilang sangat bervariasi. Bahkan jurusan inipun dapat membuat kamu menjadi PNS dengan mudah, karena jumlah lulusan dari ilmu perpustakaan ini lebih sedikit dari jumlah lapangan kerja yang diutuhkan. 

Selain di pemerintahan atau PNS jurusan ini juga bisa membuat kamu bekerja di swasta. Karena tentunya setiap perusahaan pasti mempunyai dokumen dan arsip yang dibutuhkan untuk menunjang perusahaan tersebut. 

Teknik Biomedik 

Teknik Biomedik

Jurusan ini memadukan dari beberapa macam ilmu Teknik Elektro dalam Dunia Medis. Ketika kamu memilih teknik biomedik ini, kamu akan belajar mendesain alat yang dibutuhkan untuk berbagai macam penyakit, yang intinya alat-alat tersebut akan digunakan oleh para dokter. 

Karir jurusan Teknik biomedik ini lagi terbuka sangat luas. Karena di setiap rumah sakit harusnya ada seseorang yang ahli dalam alat-alat medis. Selain itu banyak startup yang bergerak dalam bidang kesehatan membutuhkan lulusan teknik biomedis untuk mengerjakan apa yang dikerjakannya. 

Di luar negeri sendiri lulusan teknik biomedik ini sudah lumayan terkenal dan dapat mendapatkan gaji yang lumayan fantastis.

Teknik Industri

Teknik Industri

Jurusan ini mempelajari proses industri baik dalam sisi manajemen maupun teknik output. Hasil lulusan dari teknik industri adalah untuk menghasilkan sistem yang efektif dan efisien. Tidak hanya itu, peluang karir jurusan teknik industri ini sangat luas dan bahkan bisa bekerja di manapun. 

Karena teknik industri adalah sistem yang efektif dan efisien Maka. para lulusan teknik industri dapat mengambil peran dalam fungsi divisi, divisi teknik, industri produksi, rancangan biaya bahkan sampai ke sumber daya manusia. 

Jurusan Matematika dan Aktuaria 

Jurusan Matematika dan Aktuaria

Jurusan ini akan mempelajari bagaimana suatu logika dan pembuktian rumus. Tidak hanya itu, jurusan ini juga mempelajari mengenai penerapan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari. Seperti peluang data, analysis programming, bahkan jurusan ini bisa memprediksi kapan suatu wabah akan berakhir.

Biasanya lulusan jurusan matematika dan aktuaria bisa berpeluang dalam bidang programmer, data analysis di perusahaan asuransi dan menjadi aktuaris. 

Nah itulah 10 jurusan kuliah yang berpeluang dan banyak dibutuhkan dimasa depan. Gimana udah ada gambaran atau masih bingung? Kalau menurut aku sih intinya sebelum kamu mendaftar di suatu jurusan kuliah. Kamu harus benar-benar memikirkan matang-matang jurusan mana yang tepat dan sesuai dengan passion kamu dan juga dengan pertimbangan prospek setelahnya. 



This post first appeared on Cara Diet Alami Ala Artis Indonesia, please read the originial post: here

Share the post

10 Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

×

Subscribe to Cara Diet Alami Ala Artis Indonesia

Get updates delivered right to your inbox!

Thank you for your subscription

×