Get Even More Visitors To Your Blog, Upgrade To A Business Listing >>

Tips Mudah Pakai Kursi Roda di Jepang Agar Tetap Bisa Liburan

Bisa nggak ya jalan-jalan saat Pakai Kursi Roda di Jepang?  Jawaban dari pertanyaan ini adalah iya dan tidak. Kalau mau diambil garis besar Jepang, tentu saja bisa.

Namun, kalau mau ditelusuri tiap kota di Jepang, mungkin ada beberapa tempat yang belum punya fasilitas yang mendukung. Oleh karenanya, kamu wajib baca tips liburan ke Jepang saat pakai Kursi Roda berikut ini.

Jika kamu ada pengalaman yang berhubungan dengan tips liburan saat Pakai Kursi roda di Jepang, bisa , lho, share infonya pada kolom komentar. Karena info yang kamu bagikan pasti bermanfaat banget buat teman-teman kita yang memiliki keterbatasan fisik.

1. Manfaatkan Elevator di Tempat Wisata


Salah satu alasan mengapa Jepang itu keren adalah negara ini punya fasilitas yang ramah untuk kamu yang pakai kursi roda. Tempat-tempat wisata seperti museum dan galeri, sebagian besar sudah punya jalur khusus untuk kursi roda, lho.

Kamu bisa memanfaatkan lift atau elevator khusus sehingga lebih mudah untuk mengakses seluruh area. Bahkan, di samping anak tangga, juga dirancang jalur khusus yang bisa dilewati oleh kursi roda.

Saat proses pembangunan fasilitas ini mereka pun memikirkan faktor psikologisnya. Untuk menekan efek diskriminasi, seringkali fasilitas ini dibuat nggak mencolok dan didesain menyerupai bangunan sekitar.

Contohnya adalah sebuah elevator yang ada di Kuil Sensoji ini. Bukankah desain elevator ini nggak jauh beda dengan desain kuil?

Intinya adalah setiap kali kamu membutuhkan akses khusus, kamu bisa bertanya pada satpam atau staff di front office. Mereka akan siap sedia buat membantumu.

2. Meminta Bantuan Staf Stasiun


Selintas, saat kamu melihat stasiun di Jepang, pasti sudah dibuat ngeri duluan dengan kepadatan penumpang dan jalur kereta yang terlihat sibuk.  Kira-kira bisa nggak ya naik kereta kalau pakai kursi roda? Nggak disangka-sangka, ternyata orang yang pakai kursi roda diberikan kemudahan untuk naik kereta, lho.

Kamu akan mendapatkan bantuan dari staf stasiun untuk naik dan turun dari kereta. Kamu cukup mendatangi gate stasiun, beli tiket pada staf.

Staf akan memberikan tiket sesuai dengan tujuan, lalu mengantarkanmu pada platform yang sesuai. Setelah kereta datang, staf ini akan membantmu untuk naik kereta.

Terus, gimana dong saat akan turun nanti? Tenang saja, staf yang sebelumnya membantumu sudah menghubungi staf di destinasi tujuan, kok. Nanti, staf tersebut akan membantumu turun dari kereta. Wah, benar-benar terbantu, bukan?

3. Gunakan Toilet Khusus


Beberapa spot di Jepang punya toilet khusus yang didesain untuk kamu yang menggunakan kursi roda. Toilet-toilet ini bisa ditemukan di department store, stasiun, tempat wisata, hingga taman.

Cukup mudah kok mencari jenis toilet ini. Biasanya digabung pada toilet umum baik untuk cowok dan cewek. Dan ada juga yang dibangun di tempat terpisah. Selain untuk kamu yang pakai kursi roda, toilet ini bisa diakses oleh para manula dan ibu yang membawa bayi.

4. Mencari Hotel dengan Fasilitas “ Barrier-free”


Saat kamu mencari hotel yang didesain khusus untuk disable, fokuslah pada kata “barrier-free” atau “universal” ya. Hotel-hotel di Jepang nggak memakai kosakata “accessible hotel”.

Biasanya, hotel-hotel khusus ini sudah didesain agar kamu yang pakai kursi roda bisa nyaman menginap di sana. Seperti adanya kursi yang bisa kamu pakai untuk mandi.

Perlu diingat bahwa tiap hotel punya standar yang beda-beda. Jadi, kamu perlu konfirmasi lebih dulu, fasilitas apa saja yang bakal kamu dapat. Kalau sudah oke, baru deh pesan kamar di hotel tersebut.


Artikel Terkait:

  1. Bagaimana Cara Naik Tram di Hiroshima? Cari Tahu Di Sini!
  2. 10 Cara Asik Mengeksplorasi Akita yang Jarang Diketahui Orang
  3. Yuk Berkunjung ke Stasiun Conan dan Pabrik Komik Gosho Aoyama

Nah, ternyata liburan saat pakai kursi roda di Jepang nggak serumit yang diayangkan, bukan? Ada satu cara yang lebih praktis lagi, lho. Kamu bisa menggunakan jasa tour dan terangkan kondisimu.

Nanti, mereka yang akan mengatur segalanya agar kamu tetap  bisa wisata ke Jepang dengan aman dan nyaman. Selamat mencba.

© Source: Insidejapantours.com

© Cover Image via Pixabay

The post Tips Mudah Pakai Kursi Roda di Jepang Agar Tetap Bisa Liburan appeared first on Jalan-jalan ke Jepang.



This post first appeared on Jalan2kejepang.com, please read the originial post: here

Share the post

Tips Mudah Pakai Kursi Roda di Jepang Agar Tetap Bisa Liburan

×

Subscribe to Jalan2kejepang.com

Get updates delivered right to your inbox!

Thank you for your subscription

×